Rabu, 03 November 2010

Sukses dengan Affiliate Marketing

Sukses dengan Affiliate Marketing

Seiring dengan semakin berkembangnya sistem teknologi dan komunikasi di dunia, penggunaan internet tidak sebatas untuk mencari data dan berkomunikasi jarak jauh saja. Adalah bisnis online yang belakangan banyak diminati para pengguna internet di seluruh dunia.

Salah satu cara mendapat penghasilan yang menjanjikan dari bisnis online adalah dengan mengikuti program affiliate yang dirancang sebuah perusahaan.

Situs amazon.com, misalnya, menyediakan program ini untuk para pengguna internet yang menggandrungi aktivitas pemasaran online. Ketika terjadi transaksi di amazon.com, para pemasar tersebut akan mendapatkan sejumlah komisi yang ditentukan oleh pihak perusahaan.

Affiliate tak ada bedanya dengan istilah agen, broker, maupun reseller. Kerjanya mereka yang berhasil menjual barang atau jasa dari pemilik produk/ jasa akan mendapatkan komisi.

Affiliate marketing menerapkan sistem ini. Barang siapa yang dapat menjual barang, maka dia akan memperoleh sejumlah uang yang dikirim via ATM atau rekening Paypal. Bisnis ini diperkirakan bernilai sekitar 14 juta dollar per tahun.

Program affiliate yang terkenal ialah affiliate merchant, yakni orang atau perusahaan yang memiliki produk yang akan dipasarkan via internet. Orang yang memiliki produk/ jasa, bisa membantu affiliate merchant tersebut untuk menjual produknya.

Untuk setiap produk yang terjual, mereka akan mendapatkan komisi. Orang yang menghasilkan uang dengan cara Ini disebut “affiliate marketers”, kadang disebut “associates” atau “program partners”.

Cara kerja Affiliate

Cara kerja affiliate marketing itu beragam, tetapi yang lebih popular ialah semua affiliate marketer melakukan penjualan melalui “link khusus” (affiliate link) yang diberikan oleh affiliate merchant (pemilik barang/jasa) kepada affiliate marketer. Ketika ada pengguna internet yang mengklik link tersebut dan melakukan transaksi, maka dirinya berhak atas komisi.

Untuk cara pembayaran, biasanya kita diminta mengisi nama, alamat lengkap, nama penerima "cek" (untuk komisi), email, nomor telepon, dan sebagainya. Selanjutnya kita akan diminta untuk membaca "affiliate agreement" (perjanjian affiliate).

Affiliate agreement adalah sebuah dokumen legal yang mengikat kita dengan affiliate merchant. Isinya biasanya menyatakan kesepakatan kita terhadap syarat & ketentuan yang diterapkan oleh affiliate merchant, seperti tidak boleh mengirimkan email spam (email komersial yang tidak diminta oleh pemilik email tersebut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar